Pages

Bhagwaan Hai Kahaan Re Tu - Sonu Nigam

Yang ini lagu inti dari film P.K. karena memang inti ceritanya tentang mempertanyakan Tuhan. Jangan diambil hati ya, ini kan hanya lagu, hanya film, buat lucu-lucuan aja^_^

Hai suna ye poori dharti tu chalata hai
Meri bhi sun le araj, mujhe ghar bulaata hai
Bhagwan hai kahaan re tu, aye khuda hai kahan re tu

Aku pernah mendengar bahwa Kau menguasai seluruh jagat raya ini. Dengarkanlah doaku juga. Tak Kau dengarkah kalau tempat asalku sedang memanggilku? Wahai Tuhan, di manakah dirimu?

Hai suna tu bhatke mann ko raah dikhata hai
Main bhi khoya hoon mujhe ghar bulata hai
Bhagwaan hai kahaan re tu, aye khuda hai kahan re tu


Aku pernah mendengar bahwa Engkau mampu menunjukkan jalan pada hati yang tersesat. Aku juga tersesat, Tuhan. Tempat asalku sedang memanggilku kembali. Tapi, dimanakah Engkau, Tuhan?

Main pooja karoon, ya namaazein padhoon
Ardaas karoon din rain
Na tu mandir mile, na tu girje mile
Tujhe dhoondhein thake mere nain

Haruskah aku memujamu (seperti orang Hindu), atau mengucap salam (seperti Muslim) atau menawarkan Ardaas (seperti orang Sikh)? Aku bahkan tak bisa menemukanmu di mana-mana. Di kuil, di gereja, semua tak ada. Aku lelah mencariMu, Tuhan…

Jo bhi rasmein hai wo saari, main nibhaata hoon
In karoDon ki tarah main sir jhukata hoon
Bhagwan hai kahan re tu, aye khuda hai kahan re tu


Semua kebiasaan yang ada di tempat ini, cara-cara untuk bertemu denganMU, telah kulakukan semuanya. Telah kutundukkan kepalaku kepadaMu, tapi di manakah Engkau?

Tere naam kayi, tere chehre kayi
Tujhe paane ki raah hain kai..
Har raah chala, par tu na mila
Tu kya chaahe main samjha nahi


Di sini, Engkau punya banyak nama, banyak wajah, dan banyak cara untuk bertemu denganMu. Aku telah menjalankan semuanya, namun tetap tak bisa bertemu denganMu. Aku tak mengerti apa yang sebenarnya Engkau inginkan, Tuhan…

Soche bin samjhe jatan karta hi jaata hoon
Teri zid sar-aankhon par rakh ke nibhaata hoon
Bhagwan hai kahan re tu, aye khuda hai kahaan re tu


Seperti pengikut Bhagwadgita, aku hanya melakukan semuanya tanpa harus berfikir maupun memahami semuanya. Aku meyakini keberadaanMu dengan segala kesadaranku dan tanggung jawabku, tapi Tuhan, tunjukkkanlah kepadamu di mana Engkau berada, aku ingin langsung mengadu kepadaMu.

No comments:

Post a Comment