Pages

New Romantics – Taylor Swift

Ada istilah New Romantism yang berkembang tahun 80-an, dikenal juga dengan nama Blitz Kids, yaitu sebuah pergerakan pop culture di Inggris Raya yang memulai adanya kegiatan semacam night club, sekitar tahun1979 dan mencapai puncaknya pada tahun 1981. Pergerakan itu berkembang di London dan Birmingham, di sebuah nightclub bernama Billy’s dan The Blitz, juga di sebuah butik seperti Kahn and Bell, lalu menyebar ke seluruh Inggris, memperkenalkan gaya berpakaian yang eksentrik dan jenis music yang baru. (Wikipedia)
Apakah lagu ini akan bercerita tentang perubahan pergaulan dan perubahan selera berpakaian serta bermusik? Tidak, yang tadi itu hanya perkenalan saja. Tapi, ya, lagu ini tentang sebuah perubahan. Gaya bercinta yang romantic mirip negeri dongeng telah berakhir sudah. Karena lagu ini sepertinya dari sudut pandang perempuan yang patah hati.

We're all bored, we're all so tired of everything
We wait for trains that just aren't coming
We show off our different scarlet letters
Trust me, mine is better

Kami (para perempuan) telah bosan mendengar segala macam cerita cinta dari negero dongeng yang selalu saja mudah jatuh cinta, mau diperlakukan bagaimanapun juga, dan berakhir bahagia, atau bahkan penuh duka lara. Kami ingin memulai sesuatu dengan cara kami, yang tetap melibatkan hati tapi tak semuluk-muluk seperti di negeri dongeng. Kami ingin menunjukkan kisah kami sendiri, yang ternyata tak semuanya indah. Para pangeran tak harus tampan dan kaya raya, tak harus berkuda putih dan bersikap ksatria.

We're so young, we're on the road to ruin
We play dumb we know exactly what we're doing
We cry tears of mascara in the bathroom
Honey life is just a class room


Kami dulu begitu muda, yang percaya begitu saja pada kisah-kisah cinta. Andai kami terus percaya, kami pasti akan menghancurkan hidup kami sendiri dengan menjadi boneka cinta. Kami sering bertindak bodoh, membabi buta, tapi kami yakin dengan apa yang kami lakukan. Hingga akhirnya kami terluka karena terlalu percaya pada cinta, seperti dongeng yang ditanamkan dalam hati kami. Kami, para perempuan, menangis bersama, bercerita bersama, di kamar mandi sekolah, melunturkan mascara bersama, lalu kami akan menertawai kebodohan kami bersama. Dunia muda memang seperti itu. Banyak manisnya jika sedang di sekolah.

Cause baby I could build a castle
Out of all the bricks they threw at me
And everyday is like a battle
But every night with us is like a dream
We're the new romantics
Come along with me


Jika kuingat-ingat, dari semua luka dan lara yang mereka lemparkan pada kami, jika itu bisa dianggap seperti sebuah batu-bata, maka sangking banyaknya, kami bisa membangun kastil dari segala kedukaan itu. Kami berperang dengan hati kami sendiri setiap malam, sekaligus kembali bermimpi kapankan pangeran sejati akan datang. Karena kami adalah ikon keromantisan yang baru. Ayo, ikutlah bersamaku. Kita ubah pikiran kita tentang jatuh cinta, dengan mulai mengubah kebiasaan sehari-hari kita.

Heartbreak is the national anthem
We sing it proudly
We're too busy dancing
To get knocked off our feet
Baby we're the new romantics
The best people in life are free


Bagi kami, orang-orang yang pernah tersakiti, lagu-lagu patah hati adalah lagu kebangsaan kami. Kami akan menyanyikannya dengan bangga. Menari sepuas hati, meski kaki terinjak di sana sini. Karena kami adalah aliran new romantic, yang mengagungkan kebebasan memilih hidup kami.

We're all here the lights and boys are blinding
We hang back it's all in the timing
It's poker, you can't see it in my face
But I'm about to play my Ace
We need love but all we want is danger
We team up and switch up like a record changer
The rumors are terrible and cruel
But honey most of them are true


Kami tak mau lagi menjadi obyek. Jika kami imut, bukan berarti kami mau dipacari siapapun. Kami akan memilih. Karena kami adalah cahaya, untuk para lelaki yang buta. Ini seperti sebuah pertaruhan. Kau mungkin bisa melihat gaya permainanku, tapi aku bisa mengalahkanmu dengan telah. Kami semua memang butuh cinta. Tapi bukan lagi cinta yang manis tapi penuh kepura-puraan. Kami butuh cinta yang menantang, yang serius menguji kesungguhan hati kami. Banyak yang mengatakan cinta yang seperti itu beresiko dan menyakitkan, tak mengapa, kami sudah tahu itu, kami hanya ingin mengecap keindahan dan kebebasannya.

Cause baby I could build a castle
Out of all the bricks they threw at me
And everyday is like a battle
But every night with us is like a dream
We're the new romantics
Come along with me


Karena kami sudah banyak terluka oleh cinta yang katanya suci padahal tidak sama sekali.

Heartbreak is the national anthem
We sing it proudly
We're too busy dancing
To get knocked off our feet
Baby were the new romantics
The best people in life are free


Andai kami diperbolehkan, kami ingin menyanyikan lagu patah hati sebagai lagu kebangsaan. Orang bilang kami adalah laskar patah hati. Kami hanya ingin bebas menentukan pilihan kami.

Please take my hand and
Please take me dancing and
Please leave me stranded
It's so romantic, so romantic


Ayo bergabunglah bersamaku, menarilah bersamaku. Biarkan aku bebas dengan pikiranku. Karena bagiku kisah cinta yang tidak klasik itu lebih romantic.

No comments:

Post a Comment