Pages

Last Kiss – Taylor Swift

Lagu ini sederhana, tapi manis. Meski judulnya menyedihkan, dan memang kisahnya berakhir menyedihkan, tapi kenangan-kenangan yang tertuang di lagu ini begitu manis.

I still remember the look on your face
Lit through the darkness at 1:58
The words that you whispered
For just us to know
You told me you loved me
So why did you go
Away
Away?


Aku meranung sendiri setelah perpisahan kita. Mencoba mengingat kembali semua hal tentang dirimu. Yang teringat pertama kali adalah tampangmu saat terakhir kita bertemu hari itu. Kusut, tengah malam, hampir dini hari malah. Tapi wajahmu tetap terlihat bersinar di mataku. Kata-kata yang kau bisikkan padaku hari itu, sembunyi-sembunyi agar tak ada yang mendengar, membuat hatiku bergetar, bahkan hingga sampai saat ini saat aku mengingatnya. Kata sederhana, aku sayang kamu, tapi efeknya luar biasa. Entah mengapa kau malah meninggalkanku setelah itu.

I do recall now
The smell of the rain
Fresh on the pavement
I ran off the plane
That July 9th
The beat of your heart
It jumps through your shirt
I can still feel your arms

Ingatanku melayang kembali, pada aroma hujan yang segar yang membasahi paving jalanan. Saat itu aku sedang mengejar pesawat yang akan membawamu pergi tanggal 9 Juli lalu. Aku masih ingat, detak jantungmu yang menembus kaosmu saat kau dalam pelukanku. Hangat, nyaman.

But now I'll go sit on the floor
Wearing your clothes
All that I know is that
I don't know how to be something you miss
Never thought we'd have a last kiss
Never imagined we'd end like this
Your name, forever the name on my lips

Itu dulu. Karena hari ini, yang kulakukan bukanlah bersenang-senang denganmu. Aku malah duduk di lantai, mengenakan kaosmu yang longgar, mengenangmu. Aku tidak tahu bagaimana caranya membuatmu merindukanku, karena aku selalu merindukanmu. Aku tak pernah menyangka bahwa hari itu pertemuan terakhir kita, ciuman terakhir kita. Kisah kita yang manis, tak mungkin kubayangkan akan berakhir seperti ini. Aku akan selamanya mengingat namamu di hatiku, dan di bibirku.

I do remember
The swing in your step
The life of the party, you're showing off again
And I roll my eyes and then
You pull me in
I'm not much for dancing
But for you I did


Aku suka caramu berjalan. Langkah kakimu yang panjang-panjang, menawan. Kau selalu menjadi ruh dalam setiap pesta. Ketiadaanmu menyuramkan segalanya. Aku masih ingat ketika kau mengajakku berdansa. Kau begitu saja menarikku ke pelukanmu dan memulai menari. Meski aku tak bisa menari, akan kulakukan untukmu.

Because I love your handshake
Meeting my father
I love how you walk with your hands in your pockets
How you kissed me when I was in the middle of saying something
There's not a day
When I don't miss those rude interruptions

Aku suka caramu menjabat tangan ayahku. Aku suka semua di dirimu. Cara jalanmu yang memasukkan tangan ke saku celana sungguh tak bisa kulupa. Dan yang paling kuingat darimu adalah, kau selalu memberiku ciuman kejutan ditengah-tengah aku berbicara. Sungguh manis. Tak pernah seharipun aku tak merindukan saat-saat kejutan itu.

But now I'll go sit on the floor
Wearing your clothes
All that I know is that
I don't know how to be something you miss
Never thought we'd have a last kiss
Never imagined we'd end like this
Your name, forever the name on my lips


Tapi tak lagi bisa seperti itu. Semuanya telah sirna. Karena yang kulakukan sekarang adalah duduk termenung di lantai mengenakan kausmu yang kedodoran. Tak pernah kubayangkan hubungan kita akan berakhir begitu saja.

So I'll watch you live in pictures
Like I used to watch you sleep
And I feel you forget me like I used to feel you breathe
And I keep up with our old friends just to ask them how you are
Hope it's nice where you are


Aku hanya bisa menatapmu lewat gambar dan video serta memimpikanmu saat tidur. Sepertinya kau telah melupakanku dengan mudahnya. Aku yang belum bisa melupakanmu. Sering kali kutanyakan kabarmu pada teman-teman kita, memastikan apakah kau baik-baik saja. Aku juga sering menanyakan keberadaanmu, karena kau selalu berpindah-pindah. Semoga kau baik-baik saja dimanapun kau berada.

And I hope the sun shines
And it's a beautiful day
And something reminds you
You wish you had stayed
You can plan for a change in weather and town
But I never planned on you changing your mind

Kuharap tetap ada matahari yang bersinar di tempatmu, dan hari yang cerah mengiringimu, agar ada yang mengingatkanmu tentang diriku. Kau berharap bisa tinggal di beberapa tempat, silakan. Meski kau suka berpindah-pindah, kuharap kau tidak memindahkanku dari hatimu.

Just like our last kiss
Forever the name on my lips
Forever the name on my lips
Just like our last

Karena kini,  aku hanya bisa mengingatmu, sejelas mengingat ciuman terakhirmu kepadaku. Rasanya masih terus membekas di bibirku.

1 comment: