Pages

TV in Black and White – Lana Del Rey

Suaranya Lana tuh klasik bingggiiit… mendayu-dayu gitu deh. Kalau pecinta lagu yang ritmenya nge-beat ya bisa jadi tidak suka ^_^. Lagu ini tidak bercerita tentang TV jadul. Judul ini hanyalah sebuah perumpamaan tentang hidup yang monoton, tanpa warna, hanya hitam-putih-kelabu sebelum ia bertemu seseorang yang memberikan warna dalam hidupnya yaitu kebahagiaan dan cinta.

If you get lonely think of me only
Prison isn't going to keep me from you
Remember Coney Island and how we'd
Wade into the water 'til the waves turned blue


Kekasihnya di penjara? Ah, tidak. Lebih lazim kalau lagunya tentang hubungan jarak jauh saja.
Kasih, ingatlah selalu akan diriku. Jika di sana kau merasa kesepian, jemput aku dalam anganmu, agar bayangan tentangku mampu menemani rasa sepimu. Keterbatasanmu bukanlah penghalang bagiku. Meski kau tak bisa melakukan banyak hal untukku, namun bagiku, kau selalu ada dalam hidup dan hatiku. Masih ingatkah kau, tempat di mana kita menghabiskan liburan bersama? Pulau Coney yang indah, dengan laut biru menawan. Kita berenang, mengarungi lautan hingga gelap merayap.

Nobody does have to know
That our love's alive
Keep it on the low
If you want to hide
Got that same address
If you want to write
One Greenwich Avenue
Wishin' and thinkin' of you


Tak perlu ada orang lain yang tahu tentang hubungan kita. Segala kenangan indah itu cukup kita berdua saja yang rasa. Antara kau dan aku, yang terpenting adalah bahwa cinta kita nyata adanya. Biarlah tetap tersembunyi, tak perlu diumbar agar semua orang mengerti. Setidaknya, tetaplah menjadi kekasihku, meski engkau tak lagi bisa kujangkau. Jangan menghilang, jangan pergi dari hidupku.  Biarkan aku tetap memiliki cara untuk menghubungimu. Jalan Greenwich No 1 kan? Kuharap kau selalu berada di sana, karena aku akan mengunjungimu jika rinduku tak lagi bisa kubendung.

Living without you is like TV in black and white
You turn me on and brought colour into my life
When I'm around you suddenly I realize
That I was blind before I saw the world through your eyes


Karena aku di sini, hidup tanpamu, layaknya televise zaman dulu. Hitam, putih, kelabu. Keberadaanmu sungguh menyuguhkan warna-warni kehidupan yang belum pernah kukecap sebelumnya. Saat ku berada di sisimu, aku baru menyadari bahwa masih banyak hal di dunia ini yang keindahannya tidak kutahu. Dan aku mempelajari semuanya lewat matamu.

If you get lonely think of this only
Heaven hasn't forgotten about you oh
Though you can't hold me
Pick up and phone me
Use your one phone call on your ex girl boo


Jika kau kesepian lagi, camkan lah kata-kataku, bahwa Tuhan dan semesta alam tak kan pernah meninggalkanmu. Meski jauh di sana dan kau tak bisa lagi memelukku, berbahagialah, karena kau masih memilikiku. Gunakanlah kesempatan sesempit apapun untuk menelfonku, mantan kekasihmu.

I won't tell a single soul
How you spend your nights
In your single cell
Holding your pillow tight
If you really are afraid
Then you ought to know
That you're the one I want the one I want
Forever more


Sepertinya lagu ini benar-benar bercerita tentang orang yang di penjara atau di rumah sakit jiwa deh. Entahlah.
Jangan khawatir, karena aku tak akan bercerita pada siapapun, tentang keadaanmu di sana yang sendirian, berjuang demi hidupmu. Kesusahan, dengan ruangan sempit untuk bernaung, kau peluk bantalmu erat-erat saat kau takut. Tak mengapa, begitulah manusia. Andai aku di sana, aku akan menggantikan bantal itu. Agar hatimu tenteram karena masih memiliki cintaku. Tahukah kau bahwa kaulah satu-satunya di dunia ini yang kuinginkan untuk kucintai. Selamanya.

Living without you is like TV in black and white
You turn me on and brought colour into my life
When I'm around you suddenly I realize
That I was blind before I saw the world through your eyes


Telah lama duniaku hanya hitam putih. Engkau hadir di hidupku dan menyapukan warna, mengubahnya menjadi gegap gempita, hingga aku bisa melihat segalanya lebih indah kurasa.

I know you get scared sometimes boy
Nothing to be feared when you're in my heart
Troubles come in threes but in your case
They came in millions and trillions but that's alright

Takut itu manusiawi, Sayang. Tak mengapa, asal selalu ada aku di sana, di hatimu. Tidak semua orang memiliki hati sekuat dirimu, yang tertimpa masalah bertubi-tubi. Yang lain hanya mendapat sial dua atau tiga kali, kau mendapatkannya jutaan, bahkan triliunan kali. Itu berarti, Tuhan masih sayang padamu karena memperhatikan hidupmu.

Living without you is like TV in black and white
You turn me on and brought colour into my life
When I'm around you suddenly I realize
That I was blind before I saw the world through your eyes

Bergembiralah, karena kaulah yang memberi warna dalam kehidupanku. Dunia indah yang sekarang kulihat, semua berkat dirimu.

Like TV in black and white
Like TV in black and white
Like TV in black and white
Like TV in black and white

Karenamu, hidupku tak lagi seperti televise zaman dulu, hitam, putih, kelabu.

3 comments:

  1. ka request lagunya Sia yang big girls cry sama free the animal dong ^_^

    ReplyDelete
  2. tolong lana del rey yg cola.kiasan yg seperti apa dalam lagu ini.makasih

    ReplyDelete
  3. Tolong Lagu Lana Del Rey ride. Pleaseeeeeee bngttt. Pengen tau apa arti lagunya ini. Tolong yaaaa. Terima kasih bayak... 😄

    ReplyDelete