Pages

Someone Like You - Adele

Lagu ini akan saya interpretasikan dalam bentuk catatan curahan hati, jadi tokohnya nanti aku, biar lebih mudah membahasakannya.
Anggap saja ini kelanjutan dari Don’t You Remember nya Adelle sendiri.

I heard
That you're settled down
That you found a girl
And you're married now 
Setelah kau meninggalkanku begitu saja, tanpa pernah berbagi kabar sama sekali, aku tetap tak sanggup untuk melupakanmu. Demi sebuah jawaban untuk ribuan pertanyaan yang berkecamuk di hatiku, aku sering mempertanyakan keadaanmu pada tiap orang yang mengenalmu. Apakah kau sehat? Apa kau baik-baik saja? Apa kau bahagia sekarang? Apa kau pernah ingat padaku walau sesaat? Apa pernah terlintas rasa rindu untukku di hatimu? Apakah kau mengingat tentang kita saat mengunjungi tempat favorit kita? Atau kau memilih untuk menghindarinya? Apa hatimu tergetar dan air matamu meleleh tiap kali mendengar lagu cinta kita? Apa kau masih ingat aroma tubuhku seperti halnya aku menghafal aromamu di tiap tarikan nafasku? Dan masih banyak “apakah” yang ingin kutanyakan padamu.
Hari itu, aku bertemu teman sekampus kita. Ia sudah berkeluarga sekarang, dia bilang rumahnya tak jauh dari rumahmu. Akhirnya aku tahu betapa sebenarnya larimu tak jauh. Hanya saja, kau memilih untuk tak terlihat dan tak terdengar olehku. Kenyataan itu sungguh menambah lukaku. Bagaimana kau bisa sampai ke tempat itu? Teman kita bilang kau sudah menikah. Rumah itu rumah baru yang kau tempati beserta keluarga kecilmu.
I heard
That your dreams came true
Guess she gave you things
I didn't give to you
Legakah rasanya memiliki hal yang sejak dulu kau impikan? Pekerjaan yang kau kejar dengan sepenuh hati  sudah berada di genggamanmu. Aku belum kau beri kesempatan merayakan keberhasilan itu. Pekerjaan yang dulu sering menjadi topik perbincangan kita, dan kuanggap kita merancang mimpi itu bersama. Well, setidaknya ada istrimu yang cantik yang akan selalu mendengarmu. Apa ia mendengarmu dengan seksama? Ataukah ia menyela dengan menggodamu seperti aku dulu? Kau berharap punya istri yang pengertian, sabar, lemah lembut. Semoga begitulah istrimu sekarang, karena aku tidak cukup kompeten untuk memenuhi persyaratan itu. Buktinya, kau meninggalkanku.
Old friend
Why are you so shy
It ain't like you to hold back
Or hide from the light
Kenapa harus lari dariku untuk mewujudkan mimpimu? Apa kau takut aku akan menghadang jalanmu? Tidak, Kawan (aku tak berani menyebutmu Sayang lagi). Kau tahu aku mencintaimu dan rela dengan kebahagiaanmu. Kau yang kukenal, adalah orang yang mampu menyingkirkan rintangan terberat sekalipun dalam hidup. Apa aku begitu menakutkan hingga kau pergi? Pergilah, setidaknya kabari aku kalau kau sudah menemukan kebahagiaanmu, agar aku tak lagi berharap padamu. Atau… kau takut goyah lagi jika masih ada aku di ritme hidupmu? Oh, alangkah senangnya hatiku jika benar begitu.
I hate to turn up out of the blue
Uninvited
But I couldn't stay away
I couldn't fight it
Kini, aku sudah tahu di mana kau berada. Aku ingin menjengukmu. Aku ingin melihat langsung bagaimana kau  menjalani hidupmu sekarang. Aku ingin memastikan apa kau benar-benar bahagia tanpaku. Aku ingin sekali menemuimu. Tapi aku malu. Aku tak mampu membayangkan bagaimana perasaan keluargamu jika aku benar-benar mendatangimu. Aku akan datang, tunggu saja. Tak peduli apapun reaksimu, aku akan datang. Aku harus melepaskan pertanyaan-pertanyaan yang semakin mendidih di otakku.
I'd hoped you'd see my face
And that you'd be reminded
That for me
It isn't over
Hmmmhhh… aku jadi merasa seperti psycho yang tak rela ditinggalkan kekasih. Memang begitulah keadaanku. Lihatlah, masih ada gurat rindu di mataku. Masih ada cinta di senyumku. Tak pedulikah kau kalau aku masih mencintaimu?
Never mind I'll find
Someone like you
I wish nothing but the best for you
Too.. Don't forget me
I beg
Berulang kali kuyakinkan diriku kalau aku akan bisa melupakanmu. Aku selalu memantapkan hati bahwa kelak aku akan bertemu seseorang yang memberiku cinta sedahsyat dirimu. Namun, disudut hatiku aku juga mengharap kau masih merindukanku di setiap jalan yang kita lewati bersama, di setiap hidangan yang kau tahu itu kesukaanku, di setiap warna yang slalu kupilih saat kau menawariku.
I remember you said
Sometimes it lasts in love
But sometimes it hurts instead
Sometimes it lasts in love
But sometimes it hurts instead
Aku ingat dulu, di sela canda tawa kita, kau pernah berkata, siap untuk mencintai berarti siap untuk sakit hati. Karena derita hati akan lebih terasa jika disuguhkan oleh orang yang kita cintai. Aku selalu ingat kata-kata itu. Tapi tak kusangka aku akan langsung menerjemahkan dalam hidupku, lewat dirimu.
You'd know
How the time flies
Only yesterday
Was the time of our lives
We were born and raised
In a summer haze
Bound by the surprise
Of our glory days
Bagimu yang mengejar mimpi, waktu pasti sangat cepat berlalu. Tapi bagiku yang dihantui masa lalu, rasanya seperti baru kemarin kita merajut mimpi bersama.  Seolah rintik hujan yang mengembun di jendela mobil kita masih menyisakan goresan tanda hati yang kulukis untukmu. Seolah aroma popcorn yang kita nikmati sambil nonton tivi masih menguar di ruang tengah rumahku. Seakan suara klakson mobilmu yang khas masih kudengar tiap pagi dari jendela kamarku. Aku merindukanmu, sungguh. 
Nothing compares
No worries, or cares
Saat itu, aku begitu bahagia. Aku merasa berani menghadapi apapun bersamamu. Kau, adalah alasan aku hidup.
Regrets and mistakes
They're memories made
Who would have known.. How..
Bittersweet
This would taste
Pada akhirnya, aku tahu aku melakukan sesuatu yang tak lagi bisa kau tahankan. Tapi bahkan kau kan tahu bahwa aku sangat harus melakukan itu. Aku tak bisa memilih antara dirimu atau keadaan mendesak itu. Dan kau masih tak bisa memaafkanku hingga meninggalkanku begitu saja? Aku tidak tahu apa aku harusnya tetap mencintaimu atau harus membencimu karena kau sudah mengacaukan hidupku dengan kepergianmu.
Aku akan datang, tunggulah.

1 comment:

  1. Ngak sengaja dengar lagu ini pagi ini, nyoba cari arti n terjemahanya . Sy menemukan tulisan anda, wah hebat, nangis sy .. :)
    Makasih u review lagu ini , Gutlak buat kehidupan anda (penulis)

    ReplyDelete